Augmented Reality Technology Untuk Pengenalan Alat Transportasi Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus KB Islam Terpadu Wildani 2 Surabaya)
PDF Paper

Kata Kunci

Media Belajar,
Augmented Reality,
Transportasi.

Abstrak

KB Islam Terpadu Wildani 2 Surabaya merupakan salah satu sekolah untuk anak usia dini. Di sekolah ini anak usia dini mulai di perkenalkan dengan lingkungan sekitar. Mengenal alat tranportasi adalah salah satu kurikulum dari KB IT Wildani 2 Surabaya. Media buku dengan gambar-gambar 2 dimensi merupakan alat bantu belajar yang digunakan dalam mengenal alat transportasi. Media ini terkadang membuat mereka bosan, tak jarang mereka mengobrol dengan teman sekelas dan tidak memperhatikan guru yang sedang memberikan teori. Oleh karena itu peneliti menggunakan augmented reality sebagai salah satu alat bantu belajar mengenal alat transportasi. Alat bantu belajar menggunakan augmented reality diharapkan dapat menarik minat belajar, menumbuhkan sifat mandiri dan menambah wawasan bagi anak usia dini. Hal ini dibuktikan oleh % siswa di KBIT Wildani 2 Surabaya dapat menyebutkan dan mengulang ejaan nama alat transportasi dalam Bahasa Indonesia dan 80 % siswa dapat menyebutkan dan mengulang nama alat transportasi dalam Bahasa Inggris yang di peragakan dengan augmented reality.

https://doi.org/10.30742/melekitjournal.v2i1.59
PDF Paper

Cara Mengutip

[1]
D. R. Wahyuni, N. Saurina, dan N. W. Karyanto, “Augmented Reality Technology Untuk Pengenalan Alat Transportasi Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus KB Islam Terpadu Wildani 2 Surabaya)”, MelekIT, vol. 2, no. 1, hlm. 27–32, Jun 2016.
Creative Commons License

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.