Aplikasi Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Guna Mengenalkan Jiwa Patriotisme
Vol.1 No.1 2015
PDF Paper

Kata Kunci

Aplikasi PAUD,
Media Pembelajaran Paud,
Patriotisme Anak

Abstrak

Patriotisme adalah ajaran yang mengajarkan kepada kita untuk mencintai tanah air. Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan, pendidikan anak usia dini,dimana  jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun. Pentingnya menumbuhkan jiwa patriotisme harus dimulai dari dini.  Kurangnya pengetahuan anak tentang sejarah membuat anak tidak tahu idealismenya bangsa ini. Serta media pembelajaran yang kurang atraktif mengenai kepahlawanan, membuat anak-anak usia dini haus akan pengetahuan sejarah dan enggan belajar sejarah. Untuk itu anak usia dini membutuhkan program bantu yang efektif dan efisien, yang memiliki banyak gambar yang lucu dan dapat menarik perhatian anak untuk berinteraksi secara langsung. Sehubungan dengan hal berikut, dapat diberikan solusi dengan dibuatnya Aplikasi PAUD ini. Aplikasi ini merupakan media pembelajaran yang mempelajari tentang pahlawan yang nantinya anak akan diituntun untuk mengenal jiwa patriotisme dengan cara bermain puzzle yaitu menyusun gambar pahlawan yang teracak serta mendengarkan sejarah-sejarah pahlawan yang memiliki jiwa patriotisme tinggi. Menambah wawasan dengan belajar latihan soal seputar sejarah. Jadi dengan adanya aplikasi media ini dapat membantu prosesnya pembelajaran yang menyenangkan, kreatif dan tidak membosankan anak pada usia dini agar lebih semangat dalam mempelajari sejarah Indonesia.

https://doi.org/10.30742/melekitjournal.v1i1.42
PDF Paper

Cara Mengutip

[1]
H. N. L. Darmayanti dan N. Saurina, “Aplikasi Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Guna Mengenalkan Jiwa Patriotisme”, MelekIT, vol. 1, no. 1, hlm. 83–96, Apr 2021.
Creative Commons License

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.