Klasifikasi Siswa Menggunakan Bayesian Classification Di Uptd Smp Negeri 2 Baron
Vol.1 No.1 2015
PDF Paper

Kata Kunci

Klasifikasi,
Bimbingan konseling,
Bayesian classification.

Abstrak

Untuk memberi pembelajaran bagi siswa tidak cukup hanya di bidang akademis, tapi juga dibutuhkan di bidang non akademis seperti pada bimbingan konseling. Dengan bimbingan konseling, bisa diketahui bagaimana psikologis siswa dengan apa yang sedang mereka alami, sehingga dibutuhkan penanganan konseling pada siswa. Memberikan angket atau quisioner pada siswa adalah cara untuk mengetahui masalah yang di alami siswa. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan untuk pengklasifikasian masalah pada siswa dengan menggunakan Bayesian classification. Data diperoleh dengan menggunakan angket yang sudah dirubah ke komputerisasi, kemudian dilakukan pembobotan dan diolah menggunakan Bayesian classification untuk memperoleh hasil layanan pada siswa. Klasifikasi siswa menggunakan Bayesian classification ini dapat menghasilkan layanan untuk siswa sesuai dengan masalah yang di alami siswa. Melalui klasifikasi siswa dengan Bayesian classification mempermudah siswa dalam mencurahkan permasalahan pribadinya tanpa kesulitan maupun merasa malu, selain itu juga membantu admin dalam pengolahan data untuk menghasilkan layanan pada siswa sesuai masalah siswa. Penggunaan algoritma Bayesian classification cukup sesuai untuk membantu  kinerja dan efisiensi waktu guru BK dalam melakukan layanan kepada siswa.

https://doi.org/10.30742/melekitjournal.v1i1.36
PDF Paper

Cara Mengutip

[1]
Y. E. Puspitowati, . M. . Nurwilawati, dan D. . Swanjaya, “Klasifikasi Siswa Menggunakan Bayesian Classification Di Uptd Smp Negeri 2 Baron”, MelekIT, vol. 1, no. 1, hlm. 15–22, Apr 2021.
Creative Commons License

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Hak Cipta (c) 2015 Melek IT Journal