IDENTIFIKASI KEBUTUHAN PENGGUNA TUNANETRA UNTUK PLATFORM MOBILE MENGGUNAKAN METODE USER PERSONA - DESIGN THINKING
Vol. 8 No.1
PDF

Kata Kunci

Design thinking
mobile
tunanetra
user persona

Abstrak

Dalam proses pengembangan perangkat lunak, perlu metode yang digunakan yaitu design thinking. suatu proses berfikir pendekatan pengembangan sistem inovasi berpusat pada manusia (human centered) yang berkelanjutan berdasarkan kebutuhan pengguna. terdapat lima tahap yaitu emphasize, define, idea, prototype dan test. Pada penelitian akan berfokus pada tahapan emphasize, dimana pada tahap ini akan melakukan proses pembuatan persona dengan teknik user persona. Tujuan pada penelitian ini adalah membuat sebuah rancang sistem perangkat lunak untuk tunanetra yang terhubung dengan kacamata khusus yaitu gablind. Pada penelitian fokus pada mengidentifikasi dan mengimplementasikan user persona untuk mengetahui kebutuhan tunanetra pada platform mobile dan memastikan semua aktifitas tervalidasi oleh tunanetra. Hasil pada penelitian ini adalah kebutuhan terhadap masalah yang dihadapi tunanetra dengan menggunakan teknik user persona dapat diselesaikan dengan baik.  Dengan teknik user persona peneliti dapat mengetahui kebutuhan untuk pengembangan sistem dari perspektif dan fokus kepada pengguna yaitu tunanetra

https://doi.org/10.30742/melekitjournal.v8i1.197
PDF

Referensi

A. C. Frobenius and E. R. S. H. Saputra, "Kacamata Berbasis Maxsonar Terintegrasi Dengan Aplikasi Mobile Android untuk Memberikan Navigasi Tunanetra Menggunakan Jaringan Bluetooth," Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, pp. 1-6, 2018.

P. Panacara, M. Siregar and T. Taryo, "Rancang Bangun Piranti Penuntun Tongkat Pintar Untuk Penyandang Tunanetra Berbasis Mikrokontroler Arduino," Humanities, Management and Sciene Proceeding, vol. 1, no. 2, pp. 774-785, 2021.

A. Sembor, P. P. Egam and J. O. Waani, "EVALUASI JALUR PEDESTRIAN BAGI TUNANETRA TERHADAP PERSYARATAN TEKNIS DI KORIDOR JALAN SAM RATULANGI KOTA MANADO," Jurnal Arsitektur DASENG UNSRAT Manado, vol. 5, no. 1, pp. 104-115, 2016.

W. A. Kusuma, B. A. Buono, F. N. Praadita and A. R. Hidayatulloh, "IDENTIFIKASI USER PERSONA MENGGUNAKAN MODEL ITERATIF UNTUK PENGGALIAN PENGETAHUAN PENGGUNA PERANGKAT LUNAK," Seminar Nasional Teknologi dan Rekayasa (SENTRA), pp. 206-213, 2020.

W. A. Kusuma, M. A. Nurhuda and W. D. Purwanto, "PENINGKATAN PEMAHAMAN PENGGUNA PADA PROSES PENGGALIAN KEBUTUHAN MENGGUNAKAN METODE PERSONA," in Seminar Nasional Teknologi dan Rekayasa (SENTRA), Malang, 2020.

W. A. Kusuma, M. R. Ashari, C. D. Oktaviani and A. N. Na'im, "PENGGUNAAN USER PERSONA UNTUK EVALUASI DAN MENINGKATKAN EKSPEKTASI PENGGUNA DALAM KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK," in Seminar Nasional Teknologi dan Rekayasa (SENTRA), Malang, 2020.

A. R. Hidayatullah and W. A. Kusuma, "PENGGUNAAN USER PERSONA UNTUK EVALUASI PENGALAMAN PENGGUNA LMS DAN MENGIDENTIFIKASI KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK," Jurnal Syntax Admiration, vol. 2, no. 9, pp. 1630-1642, 2021.

J. Kuswanto, "Implementasi (GaBlind) Alat Bantu Navigasi Tunanetra Menggunakan Sensor Max Sonar Berbasis Arduino," Information Technology Journal, vol. 1, no. 4, pp. 19-23, 2019.

A. A. Razi, I. R. Mutiaz and P. Setiawan, "PENERAPAN METODE DESIGNTHINKINGPADA MODEL PERANCANGAN UI/UX APLIKASI PENANGANANLAPORAN KEHILANGAN DAN TEMUAN BARANG TERCECER," Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan, vol. 2, no. 3, pp. 75-93, 2018.

R. F. Dam, "The 5 Stages in the Design Thinking Process," The Interaction Design Foundation, [Online]. Available: https://www.interaction-design.org/literature/article/5-stages-in-the-design-thinking-process. [Accessed 8 06 2022].

W. A. Kusuma, I. Maulana, C. Z. Permana and F. A. Putri, "PENGGUNAAN USER PERSONA UNTUK ELISITASI KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK," in Seminar Nasional Teknologi dan Rekayasa, Malang, 2019.

W. A. Kusuma, E. S. Cahyadi and M. Jahi, "MENINGKATKAN PEMAHAMAN KARAKTERISTIK PENGGUNA DENGAN PENERAPAN USER PERSONA ITERATIF," in Seminar Nasional Teknologi dan Rekayasa, Malang, 2019.

B. Ferreira, G. Santos and T. Conte, "Identifying Possible Requirements using Personas A Qualitative Study," International Conference on Enterprise Information Systems, vol. 2, pp. 64-75, 2017.

S. T. Acuña, J. W. Castro and N. Juristo, "A HCI technique for improving requirements elicitation," Information and Software Technology, vol. 54, no. 12, pp. 1357-1375, 2012.

Cara Mengutip

[1]
E. R. S. H. Saputra dan A. C. . Frobenius, “IDENTIFIKASI KEBUTUHAN PENGGUNA TUNANETRA UNTUK PLATFORM MOBILE MENGGUNAKAN METODE USER PERSONA - DESIGN THINKING”, MelekIT, vol. 8, no. 1, hlm. 1–8, Okt 2022.
Creative Commons License

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Hak Cipta (c) 2022 Melek IT - Information Technology Journal