A sistem penilaian kepuasan pelanggan terhadap kinerja pelayanan puskesmas galis pamekasan menggunakan metode quality grade descriptor
V7No2 2021
PDF

Kata Kunci

PHP
Quality Grade Descriptor
Web

Abstrak

Penilaian Kepuasan Kinerja Puskesmas Galis Pamekasan dilakukan untuk mengetahui dan untuk mempermudah pasien dan pihak puskesmas dalam melakukan sistem penilaian kepuasaan tersebut. Penilaian kinerja selama ini dilakukan secara manual dengan melakukan penyebaran kuesioner, melalui persepsi pasien yang pernah dirawat di Pukesmas Galis. Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan sistem informasi penilaian kinerja berbasis web dengan menggunakan metodologi quality grade descriptor dan bahasa pemrograman PHP dan Database MySQL. Hasil penelitian ini dapat berupa aplikasi dengan informasi hasil penilaian kepuasan pasien terhadap pelayanan pihak puskesmas yang digunakan sebagai dasar untuk melakukan perbaikan kinerja maupun sebagai dasar dalam perubahan sistem manual kedalam sistem teknologi yang lebih canggih yakni melalui aplikasi.

 

 

https://doi.org/10.30742/melekitjournal.v7i2.170
PDF

Referensi

Saputra, IndartoJaya. (2018), “Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Kota Mataram” No. 16, hal. 9.

Effendi, S. (2009), Agenda Reformasi Birokrasi Pemerintah yang Responsif, Efisien, dan Efektif. In Seminar Nasional Reformasi Birokrasi: Agenda Pembangunan Nasional 20102014, Jakarta 2 Juni 2009.

Sari, Ria Eka dan Saleh, Alfa. (2014), “Penilaian Kinerja Dosen Dengan Menggunakan Metode Ahp (Studi Kasus : Di Stmik Potensi Utama Medan” hal. 108.

Pramudita, Dias Aziz dan Reviana Christy. (2020), “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penilaian Rumah Sakit Terbaik Di Lampung Tengah Menggunakan Metode Ahp” Vol. 1, No. 2 , hal.1

Agustina, Dwi Meutia, Sunarto, M.J.Dewiyani, dan Jatmika, Kurniawan (2013) Aplikasi Penilaian Kinerja Pegawai Pada Badan Kepegawaian Dan Diklat Surabaya, JSIKA Vol 2 No. 2 (2013) / ISSN: 2338-137X

Suhartanto, Medi (2012) Pembuatan Website Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Delanggu Dengan Menggunakan Php Dan MySQL, Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi – Volume 4 No 1 - 2012 - ijns.org

Noertjahyana, Agustinus, Rostianingsih, Silvia, dan Handojo, Andreas (2005) Pengaruh Desain Terhadap Penerapan Efektifitas Database Melalui Beberapa Contoh Kasus, Fakultas Teknologi Industri, Jurusan Teknik Informatika, Universitas Kristen Petra

Mahmudi, A. Aviv (2015) Aplikasi Penilaian Kinerja Dosen Dan Karyawan Berbasis Web, ISSN : 2477-3042 Surya Informatika, Vol . 1, No. 1

Sulthoni, A., Aplikasi E-Commerce Pemasaran Hasil Pertanian Desa Kluwan Berbasis Web, Jurusan Teknologi Informasi dan Komputer, STEKOM Semarang

Gata, Windu dan Gata, Grace, (2013). Sukses Membangun Aplikasi Penjualan dengan Java. Jakarta : Cet.1, Elex Media Komputindo, Jakarta

Harijanto, Budi dan Yuri Ariyanto (2014), “Sistem InformasiPengukuran Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Politeknik Negeri Malang)” Vol 12 No 02, hal. 43

Kudang Karsono, (2016), Pembangunan Aplikasi Penyewaan Apartemen Berbasis N-Tier Dengan Mobile Device Vol 12 No 1, 2016, Jurnal Ilmu Kmputer, Jakarta barat, hal. 4

Haviluddin, (2011), Memahami Penggunaan UML (Unified Modeling Language) Vol 6 No 1, 2011, Jurnal Informatika Mulawarman, Samarinda, hal. 5

Cara Mengutip

[1]
M. A. Sugianto, “A sistem penilaian kepuasan pelanggan terhadap kinerja pelayanan puskesmas galis pamekasan menggunakan metode quality grade descriptor”, MelekIT, vol. 7, no. 2, hlm. 49–60, Feb 2022.
Creative Commons License

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Hak Cipta (c) 2021 Melek IT Information Technology Journal