Otomatisasi Pergerakan Kamera Pada Animasi Sejarah Jayanegara Dan Gapura Bajang Ratu Menggunakan Teknologi Machinima
PDF Paper

Kata Kunci

Animasi Sejarah, Kamera, Machinima.

Abstrak

Perkembangan film animasi saat ini semakin mendalam pada cerita sejarah. Sudah banyak sejarah-sejarah di Indonesia dijadikan dalam bentuk film animasi, namun pembuatannya masih secara frame by frame. Mengambil titik masalah dari penelitian ini akan dibuatkan sebuah film animasi 3D yang menceritakan sejarah dengan memanfaatkan otomatisasi kamera menggunakan teknologi machinima agar dapat mengambil shot  per-adegan secara otomatis dan bergerak secara real-time selayaknya proses pengambilan video di dunia nyata. Dalam sebuah percobaan kamera bisa melakukan shot dan bergerak secara otomatis dengan memanfaatkan game object dan trigger, dengan demikian kamera sudah berjalan seperti yang diinginkan.

https://doi.org/10.30742/melekitjournal.v5i1.148
PDF Paper

Cara Mengutip

[1]
I. Kamalah, “Otomatisasi Pergerakan Kamera Pada Animasi Sejarah Jayanegara Dan Gapura Bajang Ratu Menggunakan Teknologi Machinima”, MelekIT, vol. 5, no. 1, hlm. 35–38, Jun 2019.
Creative Commons License

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.