Imersifitas Dalam Game Pengenlan Pertumbuhan Kecambah Untuk Anak
PDF Paper

Kata Kunci

Tanaman, Kecambah , Game, Imersifitas, Simulasi.

Abstrak

Perkembangan industri game pada saat ini sangat pesat. Game bisa menjadi sarana media pembelajaran. Salah satu hal yang paling penting supaya game dapat menjadi alat pembelajaran yang efektif adalah game haruslah menarik dan tidak membosankan jika dimainkan berkali-kali. Sifat imersif game adalah faktor yang sangat penting untuk mewujudkan hal tersebut.  Peneliti ingin mengenalkan tanaman terutama Kecambah dengan cara yang berbeda dan lebih menarik untuk anak-anak. Pasalanya pembelajaran yang dilakukan untuk anak-anak masih berupa buku yang berisi tulisan dan gambar saja. Game simulasi yang juga mengikut-sertakan tanaman sebagai objek game hanya sebatas sebagai media hiburan saja dan bukan pembelajaran, contohnya seperti Harvest Moon dan Plant vs Zombie. Imersifitas Dalam Game Pengenalan Pertumbuhan Kecambah Untuk Anak adalah game yang bertujuan untuk mengenalkan dan menarik minat anak-anak untuk mengenal Kecambah melalui sisi imersif yang ditawarkan, yaitu pemain harus menyiram dan menumbuhkan tanaman yang bermula berupa biji hingga menjadi kecambah layaknya menanam tanaman sungguhan.

https://doi.org/10.30742/melekitjournal.v5i1.143
PDF Paper

Cara Mengutip

[1]
D. Ikhsan, “Imersifitas Dalam Game Pengenlan Pertumbuhan Kecambah Untuk Anak”, MelekIT, vol. 5, no. 1, hlm. 13–16, Jun 2019.
Creative Commons License

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.