Abstrak
Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android (E-learning) Untuk Sekolah Menengah Atas khususnya Sekolah Madrasah Aliyah Daruttaqwa. Ada dua hal mendesak yang melatar belakangi pembuatan Aplikasi e- learning ini, yaitu: Pertama, kelemahan pola pembelajaran (pembelajaran tatap muka di dalam kelas) yang dipakai oleh MA.Daruttaqwa. Kedua, perkembangan teknologi saat ini yang telah maju dengan pesat pada pendidikan dapat meningkatkan kondisi atau proses pembelajaran. Tujuan utama yang terkandung dalam penulisan tugas akhir ini adalah pembuatan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android (E-learning) di MA.Daruttaqwa Gresik. Pengembangan sistem informasi dalam pembuatan perangkat lunak menggunakan metode Waterfall. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan interview atau wawancara dengan topik yang akan diambil. Metode analisis yang digunakan dalam perancangan dan pembangunan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android (E-learning) adalah metode perancangan berbasis object oriented melalui tahapan pembuatan UML yang mencakup Use case, Class diagram, Sequence diagram dan Activity diagram, Deployment diagram pembuatan rancangan basis data dan pembuatan rancangan layar menggunakan tools android studio. Hasil yang dicapai adalah ketersediaan sistem pendukung kegiatan belajar mengajar yang dapat diakses secara online. Aplikasi Pembelajaran (E-learning)Berbasis Android ini menambah fasilitas guru dan siswa dalam hal berkomunikasi, pemberian materi pelajaran, pemberian tugas mata pelajaran secara online. Dengan adanya Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android (E-learning) ini dapat membantu proses belajar mengajar lebih optimal. Memudahkan para guru untuk dapat mendistribusikan materi pelajaran untuk murid di MA.Daruttaqwa dan juga murid dapat dengan mudah mendapat materi pelajaran. Android e-learning ini dapat dijadikan media diskusi tambahan untuk membahas materi pelajaran yang belum tuntas serta dapat mengambil tugas-tugas yang di berikan oleh guru
Kata Kunci
Cara Mengutip
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.