Tata Ruang Gedung Untuk Pernikahan Menggunakan Marker Augmented Reality

Abstrak

Pernikahan  adalah  suatu  hal  sakral  yang  wajib  dilakukan  oleh  setiap  manusia  dengan  pasangannya masing-masing  untuk  dijadikan  pengikat  suatu  hubungan  baik  dalam  segi  agama  maupun  hukum  negara. Pernikahan  merupakan  suatu  tahapan  perencanaan  yang  sangat  rumit.  Dengan  adanya  teknologi  baru  yang bernama  augmented reality  maka kesulitan untuk penantaan ruangan dapat sedikit teratasi dengan menggunkan aplikasi  ini.  Augmented  Reality  adalah teknologi  yang  menggabungkan  benda  maya dua  dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi  lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Metode yang digunakan pada simulasi ini menggunakan metode  marker augmented reality. Hasil yang diperoleh dari aplikasi ini yaitu dapat menyesuaikan letak objek 3D dari perlengkapan yang dibutuhkan dapat  sesuai dengan yang diinginkan  penyesuaian objek 3D yang satu dengan objek 3D yang lain dapat  diposisikan  sesuai  dengan  yang  diinginkan  yaitu  penanda  dapat  terbaca  oleh  kamera  dengan  radius minimal 2 meter dan radius maksimal 6 meter yaitu berupa  objek 3D dari pelaminan. Kemudian yang terdeteksi oleh  kamera  dengan  radius  minimal  1  meter  dan  radius  maksimal  4  meter  yaitu  berupa  objek  3D  dari  bunga merah,  bunga  biru,  kursi  pendamping  merah  dan  kursi  pendamping  kayu.  Sedangkan  penanda  yang  dapat tertangkap  kamera  dengan  radius  minimal  2  meter  dan  radius  maksimal  5  meter  yaitu  berupa  objek  3D  kursi utama merah dan kursi utama biru dan kamera dapat mendeteksi penanda serta menghasilkan objek gambar 3D  yang baik.

Kata Kunci

augmented reality,; marker (penanda),; web camera.

Cara Mengutip

[1]
“Tata Ruang Gedung Untuk Pernikahan Menggunakan Marker Augmented Reality”, MelekIT, vol. 2, no. 1, pp. 65–74, Jun. 2016, doi: 10.30742/melekitjournal.v2i1.64.
PDF Paper
Creative Commons License

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.