Pengenalan Interaksi Alat Transportasi Umum Dengan Tempat Pemberhentian Pada Anak Usia Dini 4-6 Tahun Menggunakan Augmented Reality

Abstrak

Memperkenalkan sesuatu hal pada anak-anak usia dini 4-6 tahun tentunya tidaklah mudah. Demikian juga di TK Wildani 2 Surabaya untuk memperkenalkan alat transportasi umum modern seperti pesawat, kapal, kereta, bus dan angkutan kota dengan tempat pemberhentian yang  masih menggunakan gambar dua dimensi. Untuk memudahkan mereka dalam mengidentifikasi dan mengingat alat transportasi umum dengan tempat pemberhentian menggunakan tampilan tiga dimensi dan animasi tentunya lebih menarik bagi anak-anak untuk belajar serta lebih mudah memahami atau mengetahui bentuk alat transportasi umum dengan pemberhentiannya. Hal ini mendorong penulis untuk mencoba untuk  menunjukkan model alat transportasi umum dengan tempat pemberhentian ke dalalm bentuk 3D augmented reality pada smartphone  yang dapat membantu anak-anak untuk belajar transportasi umum. Aplikasi tersebut memiliki tingkat keberhasilan yaitu 68% maka media pembelajaran pengenalan interaksi alat transportasi dengan tempat pemberhentian untuk anak usia dini 4-6 tahun menggunakan Augmented Reality  dapat dijadikan sebagai media pembelajaran baru, siswa lebih tertarik belajar mengenal interaksi alat transportasi dengan pemberhentiannya.

Kata Kunci

augmented reality,; android,; pembelajaran,; usia dini

Cara Mengutip

[1]
“Pengenalan Interaksi Alat Transportasi Umum Dengan Tempat Pemberhentian Pada Anak Usia Dini 4-6 Tahun Menggunakan Augmented Reality”, MelekIT, vol. 2, no. 1, pp. 41–48, Jun. 2016, doi: 10.30742/melekitjournal.v2i1.61.
PDF Paper
Creative Commons License

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.