Animasi Insiden Bendera Di Hotel Yamato Menggunakan Teknologi Machinima

Abstrak

Banyak peristiwa bersejarah di Indonesia, salah satunya peristiwa insiden bendera di Hotel Yamato. Berbagai upaya telah dilakukan agar peristiwa ini tetap dikenang oleh masyarakat indonesia. Dokumentasi yang pernah dibuat hanya menggunakan  media buku atau film dokumenter, padahal pada saat ini buku dan film dokumenter sudah jarang diminati oleh masyarakat. Hal ini terjadi karena kemajuan teknologi pembuatan animasi yang sangat pesat dan membuat animasi lebih diminati. Sehingga perlu melakukan dokumentasi menggunakan teknologi- teknologi terbaru. Konsep dari teknologi baru yang akan digunakan untuk dokumentasi peristiwa bersejarah yaitu machinimaMachinima digunakan dalam penlitian ini bertujuan untuk melakukan reanimasi (membuat kembali animasi) dari penelitian sebelumnya “Rekonstruksi Perobekan Bendera Hotel Yamato Menggunakan Augnmented Reality dengan Penanda GIS ( Geographic Information System)” yang akan memberikan daya tarik baru, karena masyarakat sekarang banyak yang telah lupa akan peristiwa bersejarah ini. Jadi sangat lah tepat jika dokumentasi dari penelitian sebelumnya  dapat di reanimasi menggunakan teknologi machinima dengan memanfaatkan Unity Game Engine untuk merekam per adegan atau  Scene dan menggabungkan seluruh adegan yang direkam dengan menggunakan software–software teknologi machinima. Berdasarkan hasil ujicoba yang dilakukan pada beberapa koresponden didapatkan hasil responden yang  lebih memilih animasi yang telah direanimasi sebesar 79%.

Kata Kunci

machinima,; animation,; cycle animation,; insiden bendera.

Cara Mengutip

[1]
“Animasi Insiden Bendera Di Hotel Yamato Menggunakan Teknologi Machinima”, MelekIT, vol. 1, no. 2, pp. 23–34, Dec. 2015, doi: 10.30742/melekitjournal.v1i2.48.
PDF Paper
Creative Commons License

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.