Abstrak
Situs web merupakan media promosi yang efektif. Dengan adanya situs web, bisnis memiliki peluang untuk menjangkau konsumen dalam skala yang jauh lebih luas dibandingkan dengan metode promosi tradisional. Selain itu, biaya pengembangan dan pengelolaan situs web juga cenderung lebih efisien dibandingkan iklan cetak atau media promosi fisik lainnya. Untuk memaksimalkan potensi ini, pengembang situs harus memastikan bahwa pengalaman pengguna menjadi prioritas utama. Situs web dengan kualitas buruk, dapat merusak persepsi mereka terhadap profesionalisme dan kredibilitas bisnis yang dijalankan. Oleh karena itu, diperlukan pengujian yang menyeluruh untuk memastikan kenyamanan pengguna dalam menggunakan situs web. Pengujian akan dilakukan pada situs Botanica Beauty yang memiliki berbagai fitur fungsional yang berinteraksi langsung dengan pengguna. Pada penelitian kali ini, pengujian dilakukan pada fitur “Buat Produk” menggunakan pendekatan Boundary Value Analysis dengan fokus pada pengujian nilai batas atas dan nilai batas bawah dari proses input. Hasil dari pengujian yang dilakukan menunjukkan tingkat keberhasilan sebesar 65% dari 23 case pengujian. Berdasarkan persentase tersebut, dapat disimpulkan bahwa situs web Botanica Beauty Salon cukup memuaskan. Namun, masih diperlukan peningkatan untuk mencapai tingkat keandalan yang lebih tinggi.
Kata Kunci
##category.category##
Cara Mengutip
Referensi
M. Wiryotinoyo, H. Budiyono, Akhyaruddin, A. Setyonegoro, and Priyanto, “Pemanfaatan Website Sebagai Media Promosi dan Sumber Belajar di Sekolah Menengah,” jmp-ikp, vol. 2, no. 01, Feb. 2019, doi: 10.31326/jmp-ikp.v2i01.258.
A. P. Hadi and F. A. Rokhman, “IMPLEMENTASI WEBSITE SEBAGAI MEDIA INFORMASI DAN PROMOSI PADA PONDOK PESANTREN PUTRA-PUTRI ADDAINURIYAH 2 SEMARANG,” PIXEL, vol. 13, no. 1, pp. 39–49, Aug. 2020, doi: 10.51903/pixel.v13i1.190.
E. Nurlailah and K. R. Nova Wardani, "PERANCANGAN WEBSITE SEBAGAI MEDIA INFORMASI DAN PROMOSI OLEH-OLEH KHAS KOTA PAGARALAM," jipi. jurnal. ilmiah. penelitian. dan. pembelajaran. informatika., vol. 8, no. 4, pp. 1175–1185, Nov. 2023, doi: 10.29100/jipi.v8i4.4006.
C. A. Pastiu, I. Oncioiu, D. A. Gardan, S. Stefania Maican, I. P. Gardan, and A. C. Muntean, "The Perspective of E-Business Sustainability and Website Accessibility of Online Stores," Sustainability, vol. 12, no. 22, p. 9780, Nov. 2020, doi: 10.3390/su12229780.
M. Ayu and Z. F. Pratiwi, "THE IMPLEMENTATION OF ONLINE LEARNING IN ENGLISH LANGUAGE TEACHING DURING PANDEMIC: THE TEACHERS VOICE," JORLE, vol. 2, no. 2, p. 93, Jul. 2021, doi: 10.33365/jorle.v2i2.1316.
N. H. Istiqomah, “TRANSFORMASI PEMASARAN TRADISIONAL KE E-MARKETING: TINJAUAN LITERATUR TENTANG DAMPAK PENGGUNAAN TEKNOLOGI DIGITAL TERHADAP DAYA SAING PEMASARAN BISNIS,” JESDar, vol. 4, no. 2, pp. 72–87, Aug. 2023, doi: 10.30739/jesdar.v4i2.2430.
K. A. Izzah and R. Setyadi, “Analisis User Interface Situs Web Bappelitbangda Kabupaten Purbalingga,” vol. 3, no. 3, 2023.
D. Pateman and G. Pramudia, “Analisis Bibliometrik pada Efektivitas UI/UX pada Penerapan Web Development,” MJI, vol. 16, no. 1, p. 48, Jun. 2024, doi: 10.35194/mji.v16i1.3879.
I. M. A. T. Agus, H. Wijayanto, and I. P. Widanta, “Rancang Design UI/UX Website Portofolio pada Perusahaan PT Kresna Karya Menggunakan Figma: Portfolio Design UI/UX at PT Kresna Karya Using Figma,” JBegaTI, vol. 5, no. 1, pp. 1–8, Mar. 2024, doi: 10.29303/jbegati.v5i1.1057.
A. C. Ferariani, M. A. Senubekti, and T. Sumarni, “OPTIMALISASI PENGALAMAN PENGGUNA MELALUI DESAIN ANTARMUKA PENGGUNA INTUITIF MELALUI SISTEM MONEV SOP,” vol. 8, no. 6, 2024.
M. H. Azhari, “Peran Visual dalam Meningkatkan Engagement Pengguna di Situs Web Berita,” 2024.
F. E. Febriansyah, A. Junaidi, R. Firdaus, and R. E. Prasatiawan, “FITUR PEMBUATAN BAHAN AJAR BERUPA HANDOUT DENGAN FRAMEWORK LARAVEL PADA SISTEM INFORMASI PEMBERKASAN PERKULIAHAN BERBASIS WEB,” Pepadun, vol. 2, no. 3, pp. 354–362, Dec. 2021, doi: 10.23960/pepadun.v2i3.82.
N. N. Hayati and R. Mardhiyyah, “Penerapan Algoritma Mifflin-St Jeor dalam Pengembangan Fitur Perhitungan Kebutuhan Kalori Harian berbasis Mobile Android,” vol. 6, no. 1, 2024.
S. Hendartie et al., “PENGUJIAN APLIKASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU (PMB) STMIK PALANGKARAYA MENGGUNAKAN BLACK BOX TESTING,” . Volume, vol. 5, 2023.
A. Maulana, A. Kurniawan, W. Keumala, V. R. Sukma, and A. Saifudin, “Pengujian Black Box pada Aplikasi Penjualan Berbasis Web Menggunakan Metode Equivalents Partitions (Studi Kasus: PT Arap Store),” JTSIA, vol. 3, no. 1, p. 50, Feb. 2020, doi: 10.32493/jtsi.v3i1.4307.
A. Bahri, R. A. Renato, and S. Elmatsani, “PENGUJIAN BLACK BOX DENGAN METODE BOUNDARY VALUE ANALYSIS PADA APLIKASI PENDAFTARAN SEKOLAH DASAR,” vol. 3, 2022.
D. Debiyanti, S. Sutrisna, B. Budrio, A. K. Kamal, and Y. Yulianti, “Pengujian Black Box pada Perangkat Lunak Sistem Penilaian Mahasiswa Menggunakan Teknik Boundary Value Analysis,” JIUP, vol. 5, no. 2, p. 162, Jun. 2020, doi: 10.32493/informatika.v5i2.5446.
B. A. Maulana, E. Mawarni, M. Y. Hidayattuloh, V. Suryawijaya, and A. Saifudin, “Pengujian Black Box pada Sistem Informasi Barang Berbasis Web Menggunakan Metode Boundary Value Analysis,” vol. 2, no. 6, 2023.
A. Jailani, “Pengujian Aplikasi Sistem Informasi Akademik menggunakan Metode Blackbox dengan Teknik Boundary Value Analysis,” 2024.
S. D. S. Saian, N. L. Kakihary, and T. Wahyono, “PENGUJIAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) SEKOLAHKU MENGGUNAKAN METODE BLACK BOX TESTING DENGAN TEKNIK BOUNDARY VALUE ANALYSIS,” itexplore, vol. 1, no. 2, pp. 100–113, Jun. 2022, doi: 10.24246/itexplore.v1i2.2022.pp100-113.
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta (c) 2024 Melek IT : Information Technology Journal