Abstrak
Berdasarkan ulasan pada Google Play Store pada aplikasi Gojek, kendala-kendala tersebut meliputi kesalahan teknis pada aplikasi, kesulitan dalam mencari driver atau merchant terdekat, perhitungan biaya atau tarif, masalah pada layanan pelanggan, kecurangan atau penipuan yang dilakukan oleh driver atau merchant, keamanan dan privasi data pengguna yang tidak terjaga dengan baik, ketidaknyamanan dalam penggunaan aplikasi.Data yang telah dikumpulkan akan dipresentasikan dalam bentuk instrumen kuesioner menggunakan skala likert untuk pengukuran kualitas aplikasi Gojek. Kuesioner dibuat untuk memperoleh jawaban responden dengan memberikan pilihan alternatif jawaban yang memudahkan mereka. Kuesioner ini berfokus pada tiga dimensi Webqual 4.0, yaitu usability, information quality, dan service interaction quality. Peneliti melakukan proses pengolahan data dengan menggunakan perangkat lunak SPSS. Analisis kesenjangan, nilai positif sebesar 0,07. Nilai Performance tertinggi sebesar 4,18 adalah X1_2, Hal ini menunjukkan aplikasi Gojek memiliki dampak positif yang signifikan terhadap pengguna. Sedangkan nilai Performance rendah sebesar 3,69 adalah X3_3. Analisis metode webqual 4.0, ditemukan bahwa nilai signifikan sebesar .001, lebih kecil dari probabilitas 0.05, terdapat pengaruh yang signifikan antara kinerja aplikasi Gojek dengan kepentingan pengguna. Hasil penelitian ini dapat menjadi referensi meningkatkan kualitas Gojek. Pengembangan selanjutnya difokuskan pada aspek kualitas informasi, mengenai tingkat detail informasi yang tepat dan akurat. Perusahaan disarankan untuk mempertimbangkan rekomendasi berikut: 1. Meningkatkan kualitas informasi untuk konsumen. 2. Mengoptimalkan tampilan Gojek agar lebih menarik. 3. Menyediakan peningkatan diskon untuk menarik konsumen. 4. Menjaga komunikasi yang efektif dengan pengguna Gojek.
Kata Kunci
##category.category##
Cara Mengutip
Referensi
E. Winarni, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bisnis Jasa Transportasi Gojek,” vol. 27, no. 2, 2022.
I. Giyanti and E. Suparti, “Penilaian Kualitas Aplikasi Halal Mui Dengan Webqual 4.0 Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Penggunaan,” 2018. [Online]. Available: www.statista.com
L. A. Utami, A. Gani, and S. Suparni, “Penerapan Metode Webqual 4.0 dan IPA Dalam Mengukur Kualitas Website VISLOG PT. Citra Surya Indonesi,” Komputika : Jurnal Sistem Komputer, vol. 9, no. 1, pp. 25–34, Apr. 2020, doi: 10.34010/komputika.v9i1.2849.
V. Wiratna Sujarweni, “Cara Melakukan Uji Reliabilitas Alpha Cronbach’s dengan SPSS,” spssindonesia, 2014. https://www.spssindonesia.com/2014/01/uji-reliabilitas-alpha-spss.html (accessed Jul. 07, 2023).
W. Pujiyono, A. Rahman, and A. Wijaya, “Aplikasi Mobile Sms Gateway Over Gprs Untuk Mengakses Sistem Informasi,” TELKOMNIKA (Telecommunication Computing Electronics and Control), vol. 7, no. 1, p. 43, Apr. 2009, doi: 10.12928/telkomnika.v7i1.575.
O. : Rinny et al., “Customer Relationship Management Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen PT. Matahari Dept. Store, Manado,” Jurnal EMBA, vol. 1, pp. 1553–1561, 1553.
H. Bali Kusuma and H. Muslimah Az-Zahra, “Analisis Kualitas Layanan Website dengan menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance and Performance Analysis (IPA) pada UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno,” 2019. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
Sulistiyowati Wiwik, KUALITAS LAYANAN : TEORI DAN LAYANAN. Sidoarjo: UMSIDA Press, 2018.
Hussein Muhammad, “Analisis Kualitas Aplikasi Layanan Gofood Dalam Menentukan Niat Pembelian Secara Berkelanjutan Menggunakan Model Kombinasi Webqual 4.0 Dan Expectation Confirmation Theory (ECT),” Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Feb. 2019.
Ferly Andriansyah, Nining Suryani, and Sukmawati Anggraeni Putri, “Analisa Kepuasan Pengguna Terhadap Kualitas Aplikasi Ticket Monitoring Pt. Infrastruktur Telekomunikasi Dengan Metode Webqual,” JURNAL ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI KOMPUTER, vol. 4, no. 1, Aug. 2018.
Himawat Aryadita, Dyah Ayu Widyastuti, and Niken Hendrakusuma Wardani, “Analisis Kualitas Layanan Website E-Commerce Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0,” Jurnal Sistem Informasi, vol. 10, no. 1, pp. 29–36, 2017.
L. Andretti Abdillah, “Analisis Kualitas Layanan Website E-Commerce Bukalapak Terhadap Kepuasan Pengguna Mahasiswa Universitas Bina Darma Menggunakan Metode Webqual 4.0,” 2020. [Online]. Available: https://journal-computing.org/index.php/journal-sea/index
I. Purwandani and N. O. Syamsiah, “Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual 4.0 Studi Kasus: MyBest E-learning System UBSI,” Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (Justin), vol. 9, no. 3, p. 300, Aug. 2021, doi: 10.26418/justin.v9i3.47129.
Gojek, “Milestones,” https://www.gojek.com/en-id/about/, 2023.
N. Q. Nada& and S. Wibowo, “Pengukuran Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Menggunakan Metode Webqual 4.0.”
L. Amelia and I. Pradesan, “Pengukuran Kualitas Layanan Website Terhadap Kepuasan Pengguna pada Universitas XYZ dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0,” Jurnal Sistem dan Informatika (JSI), vol. 14, no. 1, pp. 57–63, Nov. 2019, doi: 10.30864/jsi.v14i1.249.
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta (c) 2024 Melek IT : Information Technology Journal