Abstrak
Teknologi di bidang desain 3D saat berkembang dan banyak diminati oleh kalangan milenial. Salah satu bidang yang banyak memanfaatkan desain 3D adalah pada bidang iklan dan perfileman. Beberapa aplikasi yang digunakan untuk pembuatan Sistem Desain ini yaitu SketchUp, Blender, dan Unity. Penelitian ini membahas bagaimana cara pembuatan sistem desain rumah berbentuk 3D dimana pembuatan sistem ini memerlukan beberapa tahap dalam penyelesaiannya. Tahap pertama mengumpulkan beberapa data untuk memahami cara pembuatan sistem desain 3D, tahap kedua pembuatan objek / ruang yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi yang memiliki bentuk. Dan juga pembuatan GUI(Graphical User Interface) yang berbentuk 2D dengan menggunakan Software Adobe Photoshop. Setelah pembuatan objek / ruang sistem desain 3D dan pembuatan GUI 2D Seleasai diharapkan sistem ini dapat membantu pembuatan rumah berbentuk 3D. Dari hasil pengujian seluruh sistem berhasil dengan presentase 100% dan menunjukan sistem ini dapat membantu pembuatan desain rumah berupa 3D. dimana didalam system terdapat pilihan bentuk – bentuk untuk membuat desain 3D dan tool – tool yang dapat membantu pembuatan desain rumah.
Kata Kunci
##category.category##
Cara Mengutip
Referensi
W. Walhidayat, Y. Yuhelmi, dan M. Devega, “PERANCANGAN ANIMASI ROBOT 3D SEBAGAI SARANA PROMOSI,” jti, vol. 11, no. 02, hlm. 103–111, Des 2019, doi: 10.32767/jti.v11i02.667.
I. F. Faiztyan, R. R. Isnanto, dan E. D. Widianto, “Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Visualisasi 3D Interaktif Masjid Agung Jawa Tengah Menggunakan Unity3D,” Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, vol. 3, no. 2, hlm. 207–212, Apr 2015, doi: 10.14710/jtsiskom.3.2.2015.207-212.
T. Zebua, B. Nadeak, dan S. B. Sinaga, “Pengenalan Dasar Aplikasi Blender 3D dalam Pembuatan Animasi 3D,” Jurnal ABDIMAS Budi Darma, vol. 1, no. 1, Art. no. 1, Jul 2020, doi: 10.30865/pengabdian.v1i1.2288.
I. Rochman dan A. K. Adisusilo, “Sebuah APLIKASI VIRTUAL TOUR PENJUALAN PERUMAHAN BERBASIS AUGMENTED REALITY,” Melek IT : Information Technology Journal, vol. 7, no. 2, Art. no. 2, Des 2021, doi: 10.30742/melekitjournal.v7i2.167.
K. Firmantoro, A. Anton, dan E. R. Nainggolan, “Animasi Interaktif Pengenalan Hewan Untuk Pendidikan Anak Usia Dini,” Techno Nusa Mandiri, vol. 13, no. 2, hlm. 14–22, Sep 2016.
F. Siahaan, “TINJAUAN TENTANG PEKERJAAN ARSITEKTUR DALAM PROYEK KONSTRUKSI DENGAN PENDEKATAN PADA BANGUNAN GEDUNG BERTINGKAT,” SCALE, vol. 3, no. 1, Art. no. 1, Agu 2015.
F. Tuakia dan N. I. Prasetya, “RANCANG BANGUN APLIKASI PENCARIAN LOKASI OBJEK WISATA DESA SUKO BERBASIS ANDROID,” Melek IT : Information Technology Journal, vol. 7, no. 2, Art. no. 2, Des 2021, doi: 10.30742/melekitjournal.v7i2.166.
A. Surahmat dan S. Atmaja, “MEDIA PEMBELAJARAN DESAIN WEB MENGGUNAKAN PHOTOSHOP CS6 DAN ADOBE DREAMWEAVER BERBASIS MULTIMEDIA,” Jurnal Sistem Informasi dan Informatika (Simika), vol. 2, no. 1, Art. no. 1, Feb 2019, doi: 10.47080/simika.v2i1.276.
M. Musmuliadi dan A. Purmadi, “Pengaruh Media Desain Grafis Berbasis Adobe Photoshop terhadap Kreativitas Belajar Siswa,” Jurnal Teknologi Pendidikan, vol. 3, no. 1, hlm. 20–28, 2018.
S. D. Mega, “PENGGUNAAN APLIKASI ADOBE PHOTOSHOP DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN EDITING FOTO BAGI ANAK TUNARUNGU,” Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, vol. 1, no. 2, Art. no. 2, Mei 2012, doi: 10.24036/jupe8530.64.
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta (c) 2024 Melek IT : Information Technology Journal