Virtual Expo Pengenalan Produk Dalam Negeri Berbasis Web

Abstrak

Virtual Expo merupakan sebuah platform pameran virtual yang berbasis online dan sebagai pengganti pameran fisik dikarenakan era pandemic sekarang ini merupakan era yang sangat sulit khususnya di bidang pengenalan produk dalam negeri yang dihasilkan oleh UMKM, di karenakan keterbatasan UMKM untuk bisa melakukan pameran secara fisik seperti di dalam gedung-gedung. Untuk mengatasi masalah tersebut dilakukan penelitian dengan menggunakan sistem Virtual Expo berbasis web. Di dalam  penelitian menggunakan grafis 2D dan 3D sebagai fitur untuk memperkenalkan produk-produk UMKM, dengan user sebagai admin virtual expo dan pemilik produk. Pemilik produk diharapkan bisa melakukan penempatan produknya pada sistem dan admin bisa menambahkan display tempat produk. Metode penelitian yang digunakan untuk menyelesaikan penelitian ini dimulai dari pembuatan analisa kebutuhan fungsional dan non fungsional, perancangan sistem, desain web, desain environment pameran virtual, objek 3D,assets material, implementasi dan pengujian. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah sebuah pameran virtual yang dapat membantu memperkenalkan produk-produk UMKM yang dibuat agar masyarakat lebih mudah dan tertarik dalam menggunakan sistem dari sisi user, maupun konsumen.

Kata Kunci

Virtual Expo

##category.category##

Cara Mengutip

[1]
“Virtual Expo Pengenalan Produk Dalam Negeri Berbasis Web”, MelekIT, vol. 8, no. 2, Dec. 2022, doi: 10.30742/melekitjournal.v8i2.226.
PDF

Referensi

Amri, A. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia.

Antara. (2020, June). Pameran Virtual Jadi Solusi di Republika.

Moch. Husein (2017,Januari) Pembuatan Marketplace Sebagai Media Promosi Online Lembaga Kursus dan Pelatihan Provinsi Jawa Timur, Melek IT Information Technology Journal.

Dwi Saras Wati (2016,Juli) Interaktif Augmented Reality Sebagai Media Promosi Penjualan Perumahan, Melek IT Information Technology Journal.

Foo, S. (2008). Online Virtual Exhibitions:Concepts and Design Considerations.

I. Rochman and A. K. Adisusilo, “APLIKASI VIRTUAL TOUR PENJUALAN PERUMAHAN BERBASIS AUGMENTED REALITY”, MelekIT, vol. 7, no. 2, pp. 23–32, Dec. 2021.

Philip Kotler, 2002, Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2, PT Prenhallindo, Jakarta

Tjiptono, Fandy, 2008, Strategi Pemasaran, Edisi3, ANDI: Yogyakarta

Tambunan, Tulus, “Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia : isu-isu penting”, Jakarta :LP3ES, 2012.

Jogiyanto HM, Akt, MBA, Ph. D, Analisis & Desain Sistem Informasi, (edisi kedua, cetakan kedua), Andi Offset, Yogyakarta,2002.

Y. Kustiyahningsih, D. Rosa, Pemrograman Basis Data Berbasis WEB Menggunakan PHP dan Mysql, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011.

Takahashi, D. (2014). John Riccitiello sets out to identify the engine of growth for Unity Technologies (interview).

A. S., Rosa dan Shalahuddin, M. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Purbadian, Yenda. 2016. Trik Cepat Membangun Aplikasi Berbasis Web dengan Framework CodeIgniter. Yogyakarta: Andi Offset.

Rahadian, M. F., Suryanto, A. & Maharani, S.,2016. Penerapan Metode Finite State Machine Pada Game "The Relationship". Jurnal Informtika Mulawarman

Iwan Setiawan. 2006. Perancangan Software Embedded System Berbasis FSM. Universitas Dipenogoro.

Creative Commons License

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Hak Cipta (c) 2024 Melek IT : Information Technology Journal