Sebuah APLIKASI VIRTUAL TOUR PENJUALAN PERUMAHAN BERBASIS AUGMENTED REALITY

Abstrak

Era sesudah pandemi ini mengharuskan pengembang properti menerapkan teknologi properti yang dapat bertahan terhadap adanya pembatasan sosial dan jaga jarak fisik, yang juga berdampak kepada penjualan. Bagaimana memanfaatkan teknologi sebagai media sarana meningkatkan penjualan, sehingga konsumen dapat melihat bangunan perumahan disajikan secara interaktif, dengan itu informasi tentang bangunan dapat diketahui termasuk ruangan pada sebuah bangunan rumah. Aplikasi Virtual Tour Penjualan Perumahan Berbasis Augmented Reality yaitu suatu aplikasi yang berupa desain kontruksi dan mampu memberikan serta menyajikan informasi mengenai prototipe model awal desain perumahan yang akan dijual. Desain perumahan ini dilengkapi dengan data pendukung yang berfungsi untuk menyajikan informasi yang dibutuhkan dari area, tipe, dan spesifikasi perumahan yang disajikan dengan teknologi virtual tour bebasis augmented reality seolah asli dengan bentuk nyata. Dari hasil menunjukan dapat membantu meningkatkan penjualan, dimana didalamnya terdapat teknologi augmented rality dan virtual tour yang menyajikan infomasi secara menarik.

Kata Kunci

Augmented Reality; perumahan; virtual tour

##category.category##

Cara Mengutip

[1]
“Sebuah APLIKASI VIRTUAL TOUR PENJUALAN PERUMAHAN BERBASIS AUGMENTED REALITY”, MelekIT, vol. 7, no. 2, pp. 23–32, Dec. 2021, doi: 10.30742/melekitjournal.v7i2.167.
PDF

Referensi

Aditya Dwi Kurniawan. (2018). Pemanfaatan Virtual Button Untuk Media Interaktif Berbasis Augmented Reality, Surabaya: Universitas Wijaya Kusuma Surabaya.

Bonny A Suryawinata. (2010). Pemanfaatan Augmented Reaity Dalam Mmenvisualisasikan Produk Perumahan Melalaui Internet, Jakarta:Universitas Bina Nusantara.

Brightman, M. (2018). SketchUp. In The SketchUp Workflow for Architecture. https://doi.org/10.1002/9781119410171.part2

Brodkin, J. (2013). How Unity 3D Became a Game- Development Beast.

Dwi Saras Wati. (2016). Interaktif Augmented Reality Sebagai Media Promosi Penjualan Perumahan, Surabaya:Universitas Wijaya Kusuma.

Felisa, J. (2020). Penerapan Actionscript pada Adobe Photoshop. Media Informatika, 19(2). https://doi.org/10.37595/mediainfo.v19i2.42

Filus, T. (2017). Pengenalan Bahasa Pemrograman C#. Codepolitan, 1–28. https://www.codepolitan.com/pengenalanbahasapemrog raman-c-587effa1cb95b

Ilham Budiman (14-05-2020). New Normal, Begini Proptech Menyelamatkan Bisnis Properti. [Online].Tersedia:https://ekonomi.bisnis.com/read/20200517/47/1241711/new-normal-begini-proptech-menyela matkan-bisnis-properti-[Diakses: 5 Januari 2021].

Fernando Mario. (2013). Membuat Aplikasi Android Augmented Reality Menggunakan Vuforia SDK dan Unity, Buku AR Online, Solo.

N.R Raajan. (2014). A Review on: Augmented Reality

Technologies, System and Applications. Jurnal Asian Network for Scientific Information.

Nathania. (2014). Virtual Tour Berbasis 3D Untuk Pengenalan Kampus STMIK Kharisma Makasar. Makasar:STMIK Kharisma.

Persefoni, K & Tsinakos, A. (2015). Use of Augmented reality in terms of creativity in School learning. ICEC’15, Trondheim:Norway.

Syakir, A. A. (2015). Bahasa Pemrograman C # Berbasis Windows Application Menggunakan Editor SharpDevelop 4 . 4 (Program Kalkulator Sederhana). Sekolah Tinggi Ilmu Komputer PGRI, 4.

Takahashi, D. (2014). John Riccitiello sets out to identify the engine of growth for Unity Technologies.

Yang, T., Lai, I. K. W., Fan, Z. Bin, & Mo, Q. M. (2021). The impact of a 360° virtual tour on the reduction of psychological stress caused by COVID-19. Technology in Society, 64. https://doi.org/10.1016/j.techsoc.2020.101514

Creative Commons License

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Hak Cipta (c) 2021 Melek IT Information Technology Journal