Abstrak
Di zaman pandemi ini banyaknya sekolah menerapkan pembelajaran via online. Kebanyakan siswa tidak bisa memahami materi dari guru yang diberikan, sehingga siswa mulai tidak tertarik dengan kegiatan belajar via online. Oleh karena itu penulis membuat rancangan game edukasi bahasa Indonesia, supaya siswa memiliki ketertarikan pada aplikasi edugame. Edugame cukup efektif untuk menyampaikan suatu materi atau bahan ajar, serta memberikan user experience berbeda daripada proses belajar secara konvensional. Dari uraian di atas, penulis menegaskan bahwa penerapan elemen kecerdasan buatan ke dalam game edukasi akan meningkatkan minat pengguna terhadap game edukasi itu sendiri[1]. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penilaian atau masukan dari pengguna terhadap pengembangan game edukasi yang menggunakan Non-Player Character (NPC)[2]. Selain itu NPC yang dibangun juga menerapkan metode Natural Language Processing (NLP) agar dapat menjawab pertanyaan secara otomatis.
Kata Kunci
Cara Mengutip
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.