Abstrak
Sekolah Dasar merupakan pembelajaran untuk anak di atas 7 tahun, baik pembelajaran dalam perkembangan ilmu pengetahuan, sikap, maupun kreativitas anak tersebut. Namun, tidak semua anak mampu berkembang dengan baik. Biasanya anak yang susah berkembang cenderung susah memahami pembelajaran yang ada. Anak-anak ini dimasukkan ke kelas inklusi untuk mendapatkan pelajaran yang lebih intensif. Kebanyakan anak inklusi (Autis) ini adalah anak yang sulit membaca. Metode pembelajaran yang digunakan untuk mengajar anak inklusi (Autis) yang sulit membaca yakni dengan sebuah game yang dicampur dengan pelajaran agar anak inklusi dapat menerima pelajaran dengan baik. Dengan metode permainan atau game, anak akan lebih mudah memahami pelajaran tersebut. Namun, game atau permainan secara klasik cenderung bosan dan tidak fokus. Data yang didapatkan bersumber pada study literatur buku jurnal, dan wawancara. Perancangan permainan 3D ini menggunakan Unity. Pada penelitian ini akan dibuat aplikasi game pembelajaran untuk membuat anak inklusi (autis) menjadi lebih fokus pada huruf yang dikenalkan. Hasil uji coba aplikasi kepada SDN Benowo 3 Surabaya adalah lebih dari 80% siswa (autis) lebih tertarik menggunakan aplikasi ini.
Kata Kunci
Cara Mengutip
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.