DESIGN SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT KUCING MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING DAN CERTAINTY FACTOR BERBASIS WEB
V7No2 2021
PDF (Bahasa Indonesia)

Keywords

Certainty Factor
Forward Chaining
Kucing
Sistem Pakar

Abstract

Untuk perawat kucing, pengetahuan tidak hanya tentang memelihara, mengetahui cara perawatannya juga sangat diperlukan. Dengan mengenali gejala dan jenis penyakit yang menyerang kucing, pemula dapat mengetahui kondisi kesehatan sehingga dengan cepat dapat melakukan tindakan pengobatan pada kucing yang terserang penyakit. Metode Forward Chainning yang digunakan untuk mengikuti gejala yang dirasakan oleh kucing dan teknik Faktor Tertentu yang digunakan untuk menentukan tingkat kepastian jenis penyakit kucing apabila tidak dapat dideteksi menggunakan metode Forward Chainning. Metode-metode tersebut dibangun sebagai Sistem Pakar dalam membantu pasien menentukan jenis penyakit kucing dan pengobatannya. Dari hasil review ini dapat menunjukkan macam-macam penyakit kucing yang diderita oleh kucing, langkah awal yang tepat untuk mengatasi infeksi kucing adalah dengan memanfaatkan aplikasi tersebut. Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kucing Faktor Berbasis Website dapat menjadi solusi.

https://doi.org/10.30742/melekitjournal.v7i2.164
PDF (Bahasa Indonesia)

References

Anonim, 2011. Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Dan Parasit Pada Anjing Serta Cara Perawatan Dan Informasi Jenis Anjing, http://dspacewidyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/1746, diakses 31-1-2012 jam 11.24 WIB.

Kusrini. 2006. Sistem Pakar Teori dan ApIikasi Yogyakarta: ANDI.

Lenka, Sumi 2009. Konsep Dasar Certainty Factor

Lenka, Sumi, 2009 Rumus total Certainty Factor dan Rumus Kombinasi pada Certainty Factor

Anonim,2011 Sistem Pakar, .http://www.tech id.co.cc/2010/04/sistempakar.html

Elfani, & Pujiyanta, A. 2013. Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit pada Ikan Konsumsi Air Tawar Berbasis Website Jurnal Sarjana Teknik

Honggowibowo,A. S. 2009. expert system Diagnosa Tanaman Padi Berbasis Web dengan Forward dan Backware Chaining, Jurusan Teknik Informatika, Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto.

Ibrahim, A. 2010. Pengembangan Sistem Pakar Identifikasi Hama dan Penyakit Tanaman Kelapa.

Nugroho, B 2008. Membuat ApIikasi Sistem Pakar dengan PHP dan Editor

Hariyanto, B. 2004. Sistem Manajemen Basisdata.vBandung: Informatika

Preambudi, T 2010 Sistem pakar berbasis web untuk diagnose penyakit da hama pada tanaman cengkeh. Teknik informatika fakultas Teknologi Pangan, http://tanamanpangan.deptan.go.id/, diakses.

Nugroho, C 2006. Buat Aplikasi expert system dengan PHP dan Editor

Harto, D. 2013. Rancang expert system untuk Mengidentifikasi Penyakit pada Tanaman buah Semangka dengan Menggunakan Metode Certainty Factor Pelita Informatika Budi.Darma,

Handayani, .D 2009 Penalaran Inexact pada Aturan Based Expert System.

How to Cite

[1]
A. A. . Alfathanori and M. Maslihah, “DESIGN SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT KUCING MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING DAN CERTAINTY FACTOR BERBASIS WEB”, MelekIT, vol. 7, no. 2, pp. 1–12, Feb. 2022.
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Melek IT Information Technology Journal