PERANCANGAN SISTEM COMPUTER ASED TESTING BERBASIS WEB PADA SEKOLAH DASAR
Vol7 No.1
PDF Paper (Bahasa Indonesia)

Keywords

CBT
Computer Based Test
Online Test

Abstract

SDN PETEMON IX adalah jenjang pendidikan sekolah dasar yang berlokasi di Jl. Pacuan Kuda No. 43 SURABAYA.  Sistem penilaian pada SDN PETEMON IX masih menggunakan cara yang manual  dan menghabiskan banyak waktu dalam  mengolah nilai. Oleh karena itu dibutuhkannya  sistem Computer Based Testing yang bertujuan untuk dapat membantu dalam proses mengolah nilai dan juga mengurangi penggunaan kertas secara berlebihan. Metode yang digunakan dalam merancang sistem ini adalah metode waterfall, dengan adanya sistem ini dapat membantu dalam menyelesaikan permasalahan yang ada pada SDN PETEMON IX.  Hasil dari sistem ini yaitu dapat membantu guru dalam melakukan penilaian terhadap ujian siswa, sistem dapat membantu kegiatan pada SDN PETEMON IX, dan sistem dapat memberikan pembobotan pada setiap butir soal yang akan diinputkan.  Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Sistem Computer Based Testing dapat memberikan hasil nilai ujian siswa secara langsung tanpa mengoreksinya secara manual.

https://doi.org/10.30742/melekitjournal.v7i1.185
PDF Paper (Bahasa Indonesia)

References

Santrock, (2008). Psikologi Pendidikan, Edisi Kedua. Jakarta : kencana.

Sutopo, H. Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Multimedia dengan Flash, PHP, dan MySQL. Jurnal Informatika, Vol. 10, No. 2, November 2009, ISSN: 1693-3877, eISSN: 2407-1544.

S. Al-Amri, 2011 “Computer-Based Testing vs. Paper-Based Testing: A Comprehensive Approach to Examining the Comparability of Testing Modes”. Essex Graduate Student Papers in Language &Linguistics, Vol. 10, 2008, hal. 22-44.

Bartram, Dave SHL Group plc, Thames Ditton, Surrey, UK dan Hambleton, Ronald K, University of Massachusetts at Amherst, USA, Computer-Based Testing and the Internet, 2001.

Driyarkara. Driyarkara Tentang Pendidikan , Yayasan Kanisius, Yogyakarta , 1950, hlm.74.

Hasbullah. Dasar Ilmu Pendidikan. 2005. Jakarta. Penerbit: PT RajaGrasindo Persada.

Jogiyanto HM, Akt, MBA, Ph. D, Analisis & Desain Sistem Informasi, (edisi kedua, cetakan kedua), Andi Offset, Yogyakarta,2002.

Bunafit Nugroho, 2011, Membuat Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web dengan PHP dan MySQL, Penerbit GAVA MEDIA, Yogyakarta.

Nugroho, Bunafit. 2013. Dasar Pemograman Web PHP ± MySQL dengan Dreamweaver. Yogyakarta: Gava Media.

Buana, I Komang Setia. 2014. “Jago Pemograman PHP”. Jakarta:Dunia Komputer.

Santoso, Wan Yuliyanti. 2016. “Perencanaan dan pembuatan aplikasi absensi dosen menggunakan radio frequency identification (RFID) (studi kasus politeknik tanah laut)”, SENIATI, ITN Malang, pp E53-1 E53-7.

How to Cite

[1]
D. . Refandy and E. . Wahyuningtyas, “PERANCANGAN SISTEM COMPUTER ASED TESTING BERBASIS WEB PADA SEKOLAH DASAR”, MelekIT, vol. 7, no. 1, pp. 67–76, Jan. 2022.
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Melek IT Journal