SISTEM PENILAIAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KINERJA PELAYANAN PUSKESMAS GALIS PAMEKASAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY GRADE
V7No2 2021
PDF (Bahasa Indonesia)

Keywords

PHP
Quality Grade Descriptor
Web

Abstract

Penilaian Kepuasan Kinerja Puskesmas Galis Pamekasan dilakukan untuk mengetahui dan untuk mempermudah pasien dan pihak puskesmas dalam melakukan sistem penilaian kepuasaan tersebut. Penilaian kinerja selama ini dilakukan secara manual dengan melakukan penyebaran kuesioner, melalui persepsi pasien yang pernah dirawat di Pukesmas Galis. Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan sistem informasi penilaian kinerja berbasis web dengan menggunakan metodologi quality grade descriptor dan bahasa pemrograman PHP dan Database MySQL. Hasil penelitian ini dapat berupa aplikasi dengan informasi hasil penilaian kepuasan pasien terhadap pelayanan pihak puskesmas yang digunakan sebagai dasar untuk melakukan perbaikan kinerja maupun sebagai dasar dalam perubahan sistem manual kedalam sistem teknologi yang lebih canggih yakni melalui aplikasi.

https://doi.org/10.30742/melekitjournal.v7i2.170
PDF (Bahasa Indonesia)

References

Saputra, IndartoJaya. (2018), “Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Kota Mataram” No. 16, hal. 9.

Effendi, S. (2009), Agenda Reformasi Birokrasi Pemerintah yang Responsif, Efisien, dan Efektif. In Seminar Nasional Reformasi Birokrasi: Agenda Pembangunan Nasional 20102014, Jakarta 2 Juni 2009.

Sari, Ria Eka dan Saleh, Alfa. (2014), “Penilaian Kinerja Dosen Dengan Menggunakan Metode Ahp (Studi Kasus : Di Stmik Potensi Utama Medan” hal. 108.

Pramudita, Dias Aziz dan Reviana Christy. (2020), “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penilaian Rumah Sakit Terbaik Di Lampung Tengah Menggunakan Metode Ahp” Vol. 1, No. 2 , hal.1

Agustina, Dwi Meutia, Sunarto, M.J.Dewiyani, dan Jatmika, Kurniawan (2013) Aplikasi Penilaian Kinerja Pegawai Pada Badan Kepegawaian Dan Diklat Surabaya, JSIKA Vol 2 No. 2 (2013) / ISSN: 2338-137X

Suhartanto, Medi (2012) Pembuatan Website Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Delanggu Dengan Menggunakan Php Dan MySQL, Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi – Volume 4 No 1 - 2012 - ijns.org

Noertjahyana, Agustinus, Rostianingsih, Silvia, dan Handojo, Andreas (2005) Pengaruh Desain Terhadap Penerapan Efektifitas Database Melalui Beberapa Contoh Kasus, Fakultas Teknologi Industri, Jurusan Teknik Informatika, Universitas Kristen Petra

Mahmudi, A. Aviv (2015) Aplikasi Penilaian Kinerja Dosen Dan Karyawan Berbasis Web, ISSN : 2477-3042 Surya Informatika, Vol . 1, No. 1

Sulthoni, A., Aplikasi E-Commerce Pemasaran Hasil Pertanian Desa Kluwan Berbasis Web, Jurusan Teknologi Informasi dan Komputer, STEKOM Semarang

Gata, Windu dan Gata, Grace, (2013). Sukses Membangun Aplikasi Penjualan dengan Java. Jakarta : Cet.1, Elex Media Komputindo, Jakarta

Harijanto, Budi dan Yuri Ariyanto (2014), “Sistem InformasiPengukuran Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Politeknik Negeri Malang)” Vol 12 No 02, hal. 43

Kudang Karsono, (2016), Pembangunan Aplikasi Penyewaan Apartemen Berbasis N-Tier Dengan Mobile Device Vol 12 No 1, 2016, Jurnal Ilmu Kmputer, Jakarta barat, hal. 4

Haviluddin, (2011), Memahami Penggunaan UML (Unified Modeling Language) Vol 6 No 1, 2011, Jurnal Informatika Mulawarman, Samarinda, hal. 5

How to Cite

[1]
M. A. Sugianto, “SISTEM PENILAIAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KINERJA PELAYANAN PUSKESMAS GALIS PAMEKASAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY GRADE”, MelekIT, vol. 7, no. 2, pp. 49–60, Feb. 2022.
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Melek IT Information Technology Journal