RANCANG BANGUN APLIKASI PENCARIAN LOKASI OBJEK WISATA DESA SUKO BERBASIS ANDROID

Abstract

Akhir-akhir ini kian ramai tentang pembangunan desa wisata, dimana terdapat desa-desa baru yang menjadi lokasi destinasi wisata dan memiliki beberapa objek wisata yang menarik. Desa Suko juga termasuk desa yang saat ini sedang dalam proses pembangunan untuk menuju desa wisata. Karena desa ini masih baru dalam hal desa wisata pasti akan menimbulkan beberapa pertanyaan dalam benak orang-orang sekiranya ada destinasi atau objek wisata apa saja yang sudah dimiliki atau tersedia di desa ini. Maka dari itu dalam penelitian ini penulis berencana untuk membuat suatu aplikasi yang bisa di pakai di smartphone khususnya android yang berguna untuk memperlihatkan berbagai macam objek wisata beserta petunjuk jalan untuk menuju ke lokasi tersebut. Waterfall adalah metode pengembangan yang penulis pakai dalam penelitian ini dan untuk pengumpulan datanya dilakukan secara observasi. Dalam penelitian ini, sudah mendapatkan hasil yaitu berupa APK yang bisa di install di OS android. Penulis sudah melakukan uji coba sebanyak tiga kali dalam mencari lokasi objek wisata yang ada pada aplikasi dan hasilnya tepat dan akurat. Dan juga melakukan uji coba sebanyak dua puluh kali untuk melihat informasi detail dari objek wisata pada aplikasi yang bertujuan untuk mengecek apakah semua data pada aplikasi sudah terinput dengan benar.

Keywords

Android; Desa Wisata; GPS; LBS

Categories

How to Cite

[1]
“RANCANG BANGUN APLIKASI PENCARIAN LOKASI OBJEK WISATA DESA SUKO BERBASIS ANDROID”, MelekIT, vol. 7, no. 2, pp. 13–22, Dec. 2021, doi: 10.30742/melekitjournal.v7i2.166.
PDF (Indonesian)

References

Website Resmi Pemerintah Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. (2015, Juni 29). Retrieved Oktober 5, 2020, from Desa Suko: http://sukodono.sidoarjokab.go.id/

Abidin, D. Z. (2007). Penentuan Posisi dengan GPS dan Aplikasinya. Jakarta: Pradnya Paramita .

Astari, R. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Pengola Hidup Sehat Berbasis Android. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin.

Atmoko, T. H. (2014). Strategi Pengembangan Potensi Desa Wisata Brajan Kabupaten Sleman. Yogyakarta: Sekolah Tingi Pariwisata.

El-Rabbany, A. (2002). Introduction to GPS the Global Positioning System. Boston, London: Artech House.

Harahap, N. S. (2012). Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika.

Herlambang, S., & Haryanto, T. (2005). Sistem Informasi: Konsep, Teknologi dan Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Makiolor, A. A., Sinsuw, A. A., & Najoan, X. B. (2017). E- Jurnal Teknik Informatika. Rancang Bangun Pencarian Rumah Sakit, Puskesmas dan Dokter Praktek Terdekat di Wilayah Manado Berbasis Android, 1 - 10 .

]Nasution, A., Efendi, B., & Siregar, I. K. (2019). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Pelatihan Membuat Aplikasi Android Dengan Android Studio, 53 – 58.

Pressman, R. (2002). Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Andi.

Ridlo, I. A. (2017). Panduan Pembuatan Flowchart. Surabaya: Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Rifa'i, A. (2016). Revitalisasi Fungsi Masjid dalam Kehidupan Masyarakat Modern. Kediri: IAIN.

Rizal, M., & Latifah, F. (2017). Perancangan Aplikasi Lokasi Wisata Kota Jakarta Menggunakan Algoritma Sequential Search Berbasis Android. Jakarta: Teknik Informatika STMIK Nusa Mandiri Jakarta.

Widianto, D., Handoyo, J. P., & Alia, F. (2008). Jurnal Bumi Lestari. Pengembangan Pariwisata Pedesaan, 205 - 210.

Yurindra. (2017). Software Engineering. Sleman: DEEPUBLISH.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Melek IT Journal