Permainan Pembelajaran Keaksaraan Dasar

Abstract

Pendidikan adalah salah satu usaha agar manusia dapat mengembangkan potensi dirinya melalui proses pembelajaran. Karena dasar semua ilmu adalah membaca, menulis dan menghitung kalimat dan angka. Buta aksara merupakan  penghambat utama bagi individu untuk bisa mengakses informasi dan mengembangan pengetahuan dan keterampilan. Banyaknya masyarakat Indonesia yang masih buta aksara maka pembelajaran yang disediakan oleh pemerintah dengan Metode Delila secara langsung dan dalam jadwal pelaksanaan pembelajaran tersebut diharapkan dapat mengurangi seorang buta aksara. Tetapi masih terjadi banyak seorang buta aksara karena seorang buta aksara tidak berkehendak untuk mengikuti dikarenakan kesibukan, tempat pembelajaran yang jauh dan  berita tahun lalu. Hasil dari penelitian ini adalah pembuatan Media pembelajaran yang dibuat pada penelitian ini dapat membantu petani dan nelayan dalam membelajarkan buta aksara dengan cara memainkan permainan edukasi yang divisualisasikan dalam bentuk permainan berbasis Android. Media pembelajaran pada penelitian ini lebih interaktif karena terdapat bantuan yang terdapat pada  permainan. Uji coba respon pengguna terhadap permainan yang saya buat yaitu mengikuti arahan sesuai Level.

Keywords

Keaksaraan Dasar, Metode Delila, Android smartphone, Permainan Edukasi

How to Cite

[1]
“Permainan Pembelajaran Keaksaraan Dasar”, MelekIT, vol. 5, no. 1, pp. 21–26, Jun. 2019, doi: 10.30742/melekitjournal.v5i1.145.
PDF Paper (Indonesian)
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.