Abstract
Rumah Sakit Dr. Arifin dalam menangani para pasiennya perlu untuk memaksimalkan penanganan pelayanannya, Untuk memastikan bahwa data dapat diolah dengan baik sehingga menghasilkan informasi yang berguna, tepat dan akurat serta dapat diakses oleh semua pihak yang terlibat dalam penyediaan layanan kesehatan yang baik, dibutuhkan bantuan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang dikenal dengan sistem informasi rumah sakit. Jurnal ini membahas tentang perancangan database serta peran sistem informasi rumah sakit dalam meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Jurnal ini diharapkan juga dapat memberikan masukan bagi semua pengelola rumah sakit, dokter, para medis, pasien pencari jasa rumah sakit tentang pentingnya pembangunan sistem informasi untuk membantu peningkatan kualitas layanan kesehatan. Dalam masalah yang memperlambat pelayanan seperti administrasi data pasien secara manual , perhitungan data yang kurang akurat dan kehilangan data diperlukan sebuah sistem database Rumah Sakit Dr. Arifin sendiri yang mempermudah pengolahan sebuah data baik dalam menghapus, mengedit, menambahkan dan memanipulasi data tersebut dengan berupa perancangannya secara bertahap dengan perancangan active databasenya. Tujannya adalah Membuat perancangan untuk pelayanan yang efektif dan mudah pada pasien di Rumah Sakit Dr. Arifin.
Keywords
How to Cite
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.